GEOMETRI RANGKA MOTOR PART 1

Senin, 01 Agustus 2011

GEOMETRI RANGKA MOTOR PART 1

WHEELBASE MUTLAK TENTUKAN HANDLING

Untuk merancang bangun sebuah rangka motor sejatinya tidaklah gampang, dibutuhkan berbagai teknik penentuan serta pengukuran desain konsturksinya. Dikenal dengan istilah chasis geometry atau geometri rangka, merupakan pengetahuan yang mempelajari rancang bangun konstruksi rangka. Terdiri dari berbagai macam sub ilmu seperti wheel base, trail dan caster.



Bagi beberapa orang terutama para ahli, geometri rangka motor tetap jadi misteri. Namun bagi banyak rider, hal ini tidak terlalu menarik perhatian, padahal geometri rangka bisa diklaim sebagai inti dari motor karena konfigurasinya sangat menentukan keunggulan sebuah produk motor karena perhitungan geometri rangka sangat menentukan performa dan pengendalian sebuah motor.

Jadi, mari kita kupas bersama item-item sub bahasan mengenai geometri rangka yang pertama yakni wheel base atau jarak sumbu roda.

SUMBU RODA
Disebut wheel base dalam bahasa teknik, merupakan ukuran jarak antara dua sumbu roda depan dan belakang yang diukur dari titik pusat / sumbu lingkaran antar roda. Tidak sekedar dikonstruksi, panjang-pendek jarak sumbu roda sangat berpengaruh pada pengendaraan motor nantinya. Secara karakteristik, sumbu pendek akan memungkinkan pengendalian yang lebih responsif, cepat, lincah dan mudah bermanuver, sebaliknya sumbu roda panjang sangat memungkinkan kondisi motor stabil terutama pada kecepatan tinggi.

PENGKHUSUSAN JARAK SUMBU RODA
Tidak didesain sama, setiap style/model motor diproduksi dengan berbagai ragam ukuran jarak sumbu roda. Ada yang short wheelbase, ada juga yang long wheelbase. Tiap pabrikan memang membuat konfigurasi sumbu roda sesuai dengan produk peruntukannya. Untuk motor-motor model sportbike butuh kelincahan, performa dan handling responsif, maka akan didesain dengan sumbu roda pendek. Sebaliknya, motor-motor yang akan didesain untuk peruntukan perjalanan jarak jauh dan nyaman maka akan didesain long wheelbase.

bersambung...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar